Hai, Readers ! ;)
Hari ini saya mulai
lagi menulis refleksi untuk pelajaran ASI. Pembahasan kali ini yaitu tentang Business Process Analys (Analisis Proses
Bisnis).
Sebenarnya materi
tentang Proses Bisnis ini sudah dari 2 minggu yang lalu dimulai, tetapi
pembahasannya baru selesai hari ini. Oleh karena itu, kami pun baru menuliskan
refleksinya.
Sebelum melangkah ke
Analisis Proses Bisnis, kami terlebih dahulu dijelaskan mengenai Quality
Function Deployment (QFD). QFD merupakan teknik manajemen kualitas yang
menerjemahkan kebutuhan customer ke dalam Software Requirement Specification
(SRS). QFD meliputi Function Deployment, Information Deployment, Task
Deployment, dan Value Analysis.
Setelah menjelaskan teori-teori dasar tentang QFD, Pak Sofyan menyuruh
kami untuk menganalisis suatu sistem informasi dengan menentukan jenis usaha
apa yang ingin kami buat beserta dengan judul projectnya, kemudian tentukan
anggota kelompok yang akan berperan sebagai owner dan yang akan berperan sebagai
developer. Kelompok saya membuat jenis usaha : Pabrik Mie Instan dengan judul
project : Sistem Distribusi.
Pada saat diskusi, kami masih bingung dalam menentukan apa-apa saja yang
merupakan suatu sistem maupun yang bukan termasuk sistem L
Akhirnya, setelah mendapat banyak pembekalan dan arahan dari Pak Sofyan,
kami berhasil menyelesaikan analisis sistem informasi tersebut. Dalam tugas
ini, kami menuliskan apa-apa saja spesifikasi standar yang ada pada Pabrik Mie
Instan, apa-apa saja yang menjadi permintaan dari owner, dan juga saran-saran
yang diberikan oleh developer.
Pelajaran yang saya tangkap setelah mempelajari tentang analisis sistem
informasi, yaitu dapat menerjemahkan keinginan / kebutuhan konsumen mulai dari
merancang jenis usaha sampai menuliskan spesifikasi standar yang ada dalam
usaha tersebut. Owner dan developer pun berperan aktif dengan saling
berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Tidak hanya itu, developer
juga harus mampu untuk mengembangkan pemikirannya menjadi lebih luas dan
terbuka dengan memberikan saran-saran kepada owner agar dapat mencapai kepuasan
dari konsumen.
Setelah pembelajaran mengenai analisis sistem informasi selesai, Pak
Sofyan melanjutkan pelajaran ke materi selanjutnya yaitu tentang Analisis
Proses Bisnis.
Hmm.. Seperti yang kita ketahui, Proses Bisnis (Business Process) dapat didefinisikan
sebagai kumpulan dari proses dan berisi kumpulan aktifitas (tasks) yang saling
berelasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu keluaran yang mendukung pada
tujuan dan sasaran strategis dari organisasi. Proses Bisnis harus mempunyai
tujuan (goal), membutuhkan masukan (input), menghasilkan apa (output), memiliki
sumber daya (resource), beberapa aktivitasnya berurutan, melibatkan satu /
lebih organisasi, serta ada value bagi customer. Akan tetapi, yang akan saya
bahas disini bukan mengenai teori Proses Bisnis melainkan penerapan Analisis
Proses Bisnis dalam suatu perusahaan.
Pada minggu lalu, Pak
Sofyan memberikan kami tugas untuk menganalisis proses bisnis yang ada pada
sebuah perusahaan rental mobil. Seperti biasa, kami disuruh duduk dalam
kelompok kami masing-masing kemudian berdiskusi bersama.
Awalnya, kami disuruh
untuk menuliskan divisi-divisi apa saja yang ada dalam sebuah perusahaan rental
mobil tersebut. Setelah berembuk, kami menentukan beberapa divisi, antara lain
: divisi penyewaan, divisi pengadaan, dan divisi pemeliharaan. Kemudian, kami menentukan
jabatan masing-masing anggota kelompok ke dalam divisi-divisi yang telah kami
buat.
Setelah semuanya telah mendapat bagian dalam divisi masing-masing, tugasnya adalah menulskan proses kejadian (event) mulai dari customer datang ke rental mobil, didata oleh front desk sampai terjadi proses penyewaan dan pembayaran melalui kasir, lalu diberikan surat-surat mobil dan kunci, kemudian mobil yang telah dipilih oleh customer dapat diambil di bagian bagasi (controller). Proses ini akan berlanjut hingga customer menggembalikan mobil. Pada tahap akhir ini disebut output (tujuan).
Setelah semuanya telah mendapat bagian dalam divisi masing-masing, tugasnya adalah menulskan proses kejadian (event) mulai dari customer datang ke rental mobil, didata oleh front desk sampai terjadi proses penyewaan dan pembayaran melalui kasir, lalu diberikan surat-surat mobil dan kunci, kemudian mobil yang telah dipilih oleh customer dapat diambil di bagian bagasi (controller). Proses ini akan berlanjut hingga customer menggembalikan mobil. Pada tahap akhir ini disebut output (tujuan).
Karena belum selesai,
maka tugas ini akan dikumpul pada pertemuan berikutnya, yaitu hari ini. Tugas
itu kami gambar pada kertas flipchart yang telah dibagikan minggu lalu. Kelompok
saya menggambarkan 3 tabel karena kami mempunyai 3 divisi yang telah saya
sebutkan diatas tadi.
Hasil analisis
tersebut kami tempelkan di dinding lalu Pak Sofyan mengacak 1 nomor anggota
kelompok yang akan menjaga stand, sedangkan anggota kelompok yang lain akan
berpencar ke kelompok-kelompok lain untuk memberikan masukan terhadap kelompok
tersebut. Masukan-masukan yang kami berikan akan dicatat oleh penjaga stand
jika dianggap bermanfaat dan menjadi informasi yang bagus untuk mereka sehingga
NIM kami akan dicatat menjadi bukti bahwa kami aktif dalam kegiatan kelompok
ini. Demikian pula sebaliknya, jika ada penjelasan dari penjaga stand yang
bagus dan dapat menambah wawasan kami, maka kami pun akan mencatat NIM mereka.
Waktu yang diberikan adalah 30 menit dan setelah itu, kami kembali ke tempat
kami masing-masing.
Ternyata banyak
masukan yang diberikan kepada kelompok saya, beberapa diantara yaitu : harus
menambah divisi marketing, divisi promosi, dan harus mencantumkan bagian
pimpinan.
Setelah melihat
masukan-masukan dari kelompok lain, kami sadar kalau tugas kami ini belum
lengkap dan kami akan memperbaiki dan menambahkan kekurangan kami itu dalam
tugas berikutnya. Tugas yang diberikan Pak Sofyan berikutnya yaitu membuat flow
chart dari tabel yang telah kami buat lalu di print. Tugas ini akan dikumpulkan
minggu depan x_x
Menurut saya, dengan
adanya kegiatan diskusi seperti ini dapat lebih memudahkan kami dalam memahami
pelajaran karena kami mau tidak mau harus berperan aktif didalamnya. Pelajaran
yang saya pahami dari materi tentang Proses Bisnis yaitu :
- Dalam suatu proses bisnis harus memiliki input dan output (tujuan) yang jelas sehingga organisasi dapat fokus pada keinginan customer.
- Dengan analisis proses bisnis, suatu organisasi mampu memonitor setiap aktivitas-aktivitas yang terjadi karena telah dibagi kedalam divisi-divisi.
- Organisasi juga lebih mudah mengelolah proses-proses antar bagian-bagian yang ada.
Ok, demikian dulu
pembahasan saya mengenai Analisis Proses Bisnis. Materi yang akan kami pelajari
selanjutnya yaitu tentang Model Data, tunggu info selanjutnya yah >.<
thanks..
No comments:
Post a Comment