Hai, Readers ! J Pada hari Senin, tanggal 24 September 2012, saya belajar tentang Analisis Sistem Informasi yang diajarkan oleh Pak Sofyan. Dalam mata kuliah Analisis Sistem Informasi ini, kami akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisis suatu sistem yang ada dan kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
Pada awalnya kami disuruh untuk mencari pasangan, kemudian masing-masing pasangan disuruh untuk saling berpegangan tangan bersama ><
Setelah itu, kami diminta untuk mendefinisikan arti “sistem” menurut kami sendiri lalu dicatat di selembar kertas. Menurut kelompok saya, sistem merupakan satu kesatuan atau komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu. Kami pun membacakan hasil diskusi kami satu per satu. Tapi diantara seluruh kelompok, jawaban yang diberikan mengenai definisi sistem tersebut hampir sama dan sudah hampir mendekati definisi yang benar namun belum lengkap.
Akhirnya, kami dijelaskan tentang arti dari sistem itu oleh Pak Sofyan yang lebih jelas dan lengkap, yaitu :
Sistem berasal dari bahasa Yunani (Systema) atau Greek merupakan sejumlah unit / komponen yang memiliki fungsi-fungsi yang ditata untuk saling berhubungan. Sistem juga dibentuk untuk mencapai 1 tujuan tertentu. Dalam sistem ada : elemen-elemen, terdiri dari masing-masing fungsi, saling berkaitan, dan memiliki 1 tujuan.
Pak Sofyan juga mengumpamakan sebuah gunting sebagai sistem dimana jika semua sisi gunting tesebut sama bentuknya, maka gunting tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.
Dengan menggunakan contoh yang sederhana ini, membuat saya lebih mengerti mengenai arti sistem yang sebenarnya (ʃƪ´▽`)
Setelah proses diskusi selesai mengenai definisi sistem, kami dibagi lagi menjadi beberapa kelompok secara acak, dimana 1 kelompok terdiri dari 4-5 orang. Masing-masing perwakilan tiap kelompok maju dan mengambil kertas yang telah disediakan oleh Pak Sofyan yang berisi tentang sistem apa yang akan kami analisis.
Ternyata kelompok saya mendapat materi tentang Undang-Undang Dasar 1945. Pada awalnya, kami bertanya-tanya apa benar UUD 1945 itu termasuk sebuah sistem, kemudian Pak Sofyan datang di kelompok kami lalu dia menjelaskan secara lebih detail tentang tugas ini dan bahwa ternyata UUD 1945 termasuk sebuah sistem karena di dalamnya terdapat elemen-elemen dan fungsi yang saling berkaitan tetapi memiliki tujuan yang berbeda. Kami pun mulai berdiskusi satu sama lain. Pak Sofyan juga membagikan selembar kertas flipchart dan 3 buah spidol warna kepada masing-masing kelompok agar kami dapat menggambar hasil analisis tiap sistem kami di kertas tersebut.
Tetapi karena waktu sudah habis, kami disuruh untuk melanjutkan tugas tersebut di luar jam pelajaran dan semua gambar akan di tempelkan di dinding pada pertemuan Analisis Sistem Informasi yang berikutnya.
Akhirnya, hari ini, Senin tanggal 1 Oktober pun tiba. Pada jam pelajaran Analisis Sistem Informasi, kami semua bersiap-siap menempelkan hasil diskusi kelompok kami masing-masing. Pak Sofyan pun masuk ke kelas dan memberikan plester untuk menempelkan gambar kelompok masing-masing.
Menurut hasil diskusi kelompok kami, elemen-elemen dan fungsi dalam UUD 1945 yaitu :
· Keuangan :
ü Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Rakyat
ü Keuangan Negara
· Hak & Kewajiban :
ü HAM
ü Agama
ü Pemilu
ü Pendidikan dan Kebudayaan
· Pertahanan Negara :
ü Bendera, Bahasa, Lambang Negara, Lagu Kebangsaan
ü Kekuasaan Kehakiman
ü Pertahanan dan Keamanan Negara
· Tata Negara :
ü Pemerintahan Negara : MPR, Kekuasaan Pemerintahan Negara, DPR, Kementerian Negara, Pemerintah Daerah, DPD
ü Wilayah Negara
ü Warga Negara
Setelah kami semua menempelkan gambar dari kelompok kami, 1 orang dari tiap kelompok dipilih secara acak lalu bertugas untuk menjelaskan pertanyaan dari kelompok lain serta mencatat apa-apa saja masukan yang diberikan, sedangkan anggota kelompok yang lain pergi melihat gambar-gambar hasil analisis kelompok lain untuk diberi masukan / saran.
Dengan cara pembelajaran seperti ini, saya merasa lebih mudah memahami inti pelajaran ini karena kami saling berinteraksi antar teman dan dapat langsung bertanya jika ada bagian yang kurang dimengerti.
Selain itu, dengan menggambar sistem dengan membagi menurut fungsi dan elemennya, membuat saya lebih paham dalam menganalisis suatu sistem yang diberikan karena kami diajarkan untuk mencari inti masalahnya (P) dulu, lalu masalah itu dibagi menjadi beberapa sub masalah (SP) yang terkecil agar lebih mudah diselesaikan. Bagian ini disebut dengan Analisis Sistem. Lalu, untuk setiap SP tersebut dicarikan solusinya masing-masing. Bagian ini disebut proses Sintesa. Setelah masing-masing solusi telah didapat, kemudian solusi tersebut disatukan sampai terbentuk Solusi akhir (S) untuk masalah tersebut.
Jadi, pelajaran yang saya dapat melalui tugas ini yaitu, ternyata Undang-Undang Dasar 1945 juga merupakan suatu sistem karena disusun oleh elemen-elemen dan fungsi yang saling berkaitan. Selain itu, saya juga sudah mulai memahami cara menganalisis suatu sistem dengan mencari inti masalah dari sistem tersebut terlebih dahulu, selanjutnya baru dicarikan solusinya, dan untuk mempermudah analisis itu, kita dapat menggambar skema seperti mind map yang telah diajarkan Pak Sofyan kemudian dikelompokkan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Sebelum kelas berakhir, kami disuruh untuk mencari artikel / informasi mengenai Pengantar Sistem Informasi dan Pengantar Teknologi Informasi karena mungkin saja kuis dapat diadakan minggu depan .__.
Yang ingin saya tahu bagaimana hubungan antara Pengantar SI maupun Pengantar TI dengan Analisis Sistem Informasi yang saat ini sedang kami pelajari.
Smoga minggu depan hal itu dapat dibahas sehingga kami dapat lebih memahami pelajaran ini..
Sekian dulu ya, sampai jumpa lagi readers ^^
No comments:
Post a Comment