Tuesday, November 6, 2012

Data Model


Hai bloggers, kali ini saya akan membahas materi tentang Data Model pada pelajaran ASI.

Data model merupakan representasi dari struktur data, yaitu : data types, data relationships, data constraints, dan basic operations (retrieval, storage, query). Contohnya antara lain : Entity Relationship Model, Relational Model, dan Object-oriented Model.

Yang kami pelajari kali ini yaitu mengenai Entity  Relationship Model. Entity Relationship Model menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek-objek dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek tersebut.

E-R Model berisi ketentuan /aturan khusus yang harus dipenuhi oleh isi database. Aturan terpenting adalah Mapping Cardinalities, yang menentukan jumlah entity yang dapat dikaitkan dengan entity lainnya melalui relationship-set.

Data Modelling terbagi menjadi :
  • Object : representasi informasi dengan sejumlah property / atribut. Disini menjelaskan bahwa setiap objek pasti akan memiliki atribut. Contohnya : Seorang customer akan memiliki atribut seperti id_cust, nama, alamat, telp, dll.
  • Attributes : pengenal dari objek, ciri dari objek, dan penghubung dengan objek lain. Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa atribut akan dimiliki oleh setiap objek, contohnya : Customer menyewa mobil. Customer dan mobil merupakan sebuah objek, sedangkan menyewa merupakan entitasnya. Atribut dari customer yaitu id_cust (primary key), nama, alamat, dll. Atribut dari mobil yaitu no_pol (primary key), status, dll. Atribut dari menyewa yaitu id_cust (foreign key), no_pol (foreign key), tgl.sewa, dan tgl.kembali. Dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa atribut merupakan penghubung objek dengan objek lainnya.
  • Relationships : suatu objek bisa memiliki hubungan dengan objek lain.
E-R Model menggambarkan antar hubungan dari sejumlah objek. Dalam E-R Model juga terdapat Cardinality dan Modality. Cardinality menggambarkan hubungan 1 atau banyak, sedangkan modality menggambarkan adanya hubungan atau tidak ada.

Selanjutnya, kami disuruh untuk membuat E-R Model dari tugas rental mobil yang telah diberikan sebelumnya.

Sekian dulu blog hari ini… Thanks :)


No comments:

Post a Comment