Sunday, November 25, 2012

SimSE = Model Software Games


Haii, kali ini saya akan menulis blog yang berbeda dari blog-blog sebelumnya :D

Apa itu ? Topik kali ini adalah mengenai game SimSE, namanya memang mirip dengan game SIMS yang biasa kita mainkan tapi yang satu ini beda x_x

SimSE merupakan game ilmu pengetahuan tentang model software, dimana pemain akan berperan sebagai seorang manager yang akan mengatur kerja para pegawainya agar dapat membuat software yang sesuai dengan keinginan customer. Game ini membutuhkan strategi maupun ketelitian saat menempatkan pegawai untuk bertugas dan tahap-tahap / proses yang benar, dimana kita juga harus mempertimbangkan budgets yang disediakan serta ticks (waktu) yang terbatas. Hal tersebut harus dilakukan agar kita memperoleh score yang tinggi di akhir permainan.

Games SimSE yang telah saya mainkan, yaitu : SimSE Waterfall Game, SimSE Rapid Prototyping Game, dan SimSE Incremental Game.

Hari ini saya akan membahas salah satu diantaranya, yaitu mengenai SimSE Rapid Prototyping Game.
Model Rapid Prototyping ini merupakan game yang paling saya minati karena tidak membutuhkan waktu yang lama dibanding dengan Model Waterfall maupun Incremental. Saat bermain game ini saya menggunakan beberapa strategi agar mendapat score yang tinggi.

Strategi saya dalam bermain game ini yaitu : Memilih VisualBasic sebagai bahasa pemrograman prototypingnya dan Java sebagai bahasa implementasi karena dapat menghemat ticks dengan menggunakan kedua bahasa pemrograman tersebut. Selain itu, saya juga menjalankan prosesnya sesuai dengan yang ada pada artifacts (dikerjakan secara berurut mulai dari pertemuan dengan customer, memperoleh evaluasi dari customer sampai pada proses implementasinya). Disini penempatan pegawai tidak perlu diperhatikan sebab dalam model prototyping, semua pegawai harus bekerja bersama-sama. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ticks nya karena ticks tidak boleh lewat dari waktu yang telah ditentukan.

Demikian ulasan singkat saya mengenai strategi dalam SimSE Rapid Prototyping Game…
Silakan dicoba dan Semoga bermanfaat ^_^
Thanks (。・ω・。) ~♥


No comments:

Post a Comment