Thursday, January 17, 2013

Last : Refleksi pelajaran RPL !


Refleksi terakhir yang saya tulis untuk pelajaran RPL kali ini tidak jauh berbeda dengan refleksi pelajaran ASI sebelumnya. Itu karena dosen kedua mata kuliah ini sam, yaitu Pak Sofyan dan sistem pembelajarannya tidak jauh berbeda.

Yaa, tidak terasa kami semua telah hampir melewati 1 semester lagi. Hal itu ditandakan dengan berakhir pula posting blog saya mengenai pelajaran ASI dan RPL.

Sama seperti pelajaran ASI, kali ini saya membuat refleksi beserta tanggapan saya tentang pelajaran RPL yang telah kami lalui selama 1 semester ini. Kalau pada pelajaran ASI lebih banyak belajar pada analisis suatu sistem, RPL lebih menekankan pada proses pembuatan dan pengembangan software yang sesuai dengan kebutuhan customernya. Dengan kata lain. pelajaran ASI dan RPL saling berkaitan satu sama lain dan memiliki kemiripan. Oleh karena itu, saya dan teman-teman saya mengambil mata kuliah ini bersamaan dalam 1 semester agar lebih memudahkan kami untuk memahami kedua mata kuliah tersebut :)

Awalnya saya mengira pelajaran RPL itu sulit karena RPL berhubungan dengan pembuatan skripsi nantinya, tetapi Pak Sofyan mampu memberikan kami suasana ringan selama pelajaran sehingga membuat pelajaran yang awalnya dianggap sulit menjadi lebih menarik :D

Selama mengikuti pelajaran RPL yang dibawakan oleh Pak Sofyan, saya merasa materi-materinya diberikan secara terstruktur, mulai dari pembuatan ERD, lalu Function Partioning, kemudian DFD, dan yang terakhir adalah membuat arsitektur sistem. Kami diberikan banyak aktivitas dan latihan untuk 1 materi, setelah 1 materi itu selesai dan kami sudah mengerti barulah Pak Sofyan memberikan materi selanjutnya. Saya menyadari bahwa untuk membuat DFD, saya harus memahami dan bisa membuat ERD dan Function Partioning-nya secara benar dulu barulah kami mudah untuk menyelesaikan DFDnya. Metode belajar seperti inilah yang diajarkan Pak Sofyan sehingga kami semua menjadi lebih mudah mempelajari pelajaran ini. Thank You, Pak ^^

Ohh iya, sebelum mengakhiri pelajaran RPL, kami diberikan waktu tambahan pada Minggu Tenang.
Tema tambahan RPL kali ini adalah 5 jam bersama Pak Sofyan =)) dan itu memang benar, kami mulai belajar dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang x_x tapi itu tidak berat karena seperti biasa Pak Sofyan mampu mencairkan suasana tegang dalam belajar menjadi lebih santai namun tetap serius :D
Setelah pelajaran berakhir, Pak Sofyan mengucapkan kata-kata perpisahan :( dan tidak lupa ia memberikan kami Tugas Final :| termasuk membuat blog ini ><

Sekian refleksi saya mengenai pelajaran RPL selama ini... Mungkin saya akan menulis blog selanjutnya pada semester berikutnya jika bertemu dengan Pak Sofyan lagi ;)

Bye~

C u next time ^^

1 comment: